Kompleks Makam Sunan Muria (Salah Satu Wali Songo/ 9 Wali), Kudus Jawa Tengah
Senin, 20 Desember 2010 by blogku in

Tahukah Anda cerita Wali Songo (9 Wali) yang dulu sebagai penyebar ajaran agama Islam?
Kisah teladan yang patut dicontoh bagi kita semua. Namun kisah itu tinggal cerita, karena beliau telah wafat. Akan tetapi kisah suri teladannya masih mengakar kuat dibenak kita semua. Terbukti dengan masih banyaknya orang yang hendak berziarah ke makam Wali Songo. Ini dijadikan para pengunjung sebagai wisata religi.Kali ini, saya tidak akan menjabarkan secara keseluruhan semua makam wali songo, melainkan salah satunya yakni kompleks makan sunan wali songo.

Makam Sunan Muria atau yang bernama asli Syeh R. Umaar Sa'id menyatu dengan Masjid Sunan Muria terletak di salah satu puncak Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Untuk dapat mencapai kesana membutuhkan waktu ± 1,5 jam dari kota Pati dan 1 jam dari kota Kudus.



Makam sunan biasanya terletak dilereng gunung, begitu juga kompleks makam sunan muria, dimana untuk mencapai kompleks makamnya kita akan disuguhi ± 700 anak tangga/undak - undakan dari pintu gerbang dekat parkiran bus, namun tidak usah khawatir bagi yang sudah tua ataupun merasa tidak kuat untuk mendaki anak tangga tersebut. Dikarenakan sudah tersedia puluhan kendaraan objek yang siap untuk mengantar anda melewati rute lain yang juga menampilkan pesona yang cukup indah.


Bagi para pejalan kaki tidak usah kecewa, sepanjang perjalanan anda mendaki ratusan anak tangga, sudah berjejer ratusan pedagang yang menawarkan beraneka macam barang dagangan berupa buah - buahan, kaligrafi, foto sunan dan pakaian - pakaian yang siap untuk menawarkan barang dagangannya.

Setelah kita berhasil menempuh ratusan anak tangga barulah kita bisa melihat dari dekat makam sunan muria yang berada di tengah - tengah makam pengikut beliau. Jikalau sudah berziarah dan berdo'a dimakam beliau, anda merasa haus, diluar kompleks makam ada satu mata air yang menurut saya khas, karena di tempat setinggi itu air bisa keluar dan jernih sekali. Apalagi ini free atau gratis, wah bisa dijadikan tempat minum gratis. heee ^_^

Nah salah satu makam sunan, (Sunan Muria) bisa dijadikan alternatif pilihan bagi anda untuk berwisata religi. silahkan mencoba.

Posting Komentar